Kesalahan saat Ujian Praktek SIM C

ehm, umurku kan udah 17 nih, saatnya bikin SIM.. pengennya sih tahun depan bikinnya, sambil nunggu e-KTP yang dicanangin sama pemerintah, tapi apa daya, desakan dari ayaku tercinta lebih menguatkanku untuk segera mengurusnya tahun ini...

kemarin, aku sama seorang temenku pergi ke POLRES Sidoarjo (karena kita tinggalnya di Sidoarjo) buat mulai proses panjang bikin SIM.. jam sudah kita lalui dan kita berhasil buat ikut ukian teorinya, alhamdulillah lulus juga..

hari ini kita pergi ke POLRES lagi buat ujian prakteknya.. huffft, di bayanganku ajah ujian prakteknya sulit banget, gimana aslinya??   akhirnya, dengan kendaraan masing-masing, aku mulai ujianku.. dan... gagaall T.T   demi apa aku sampai bisa gagal..

setelah sampai rumah dan curhat sama bokapku via sms, aku jadi mikir, ada beberapa kesalahan yang udah aku lakuin pas ujian praktek tadi..
  1. kakiku gak rapat, bahkan tidak sangat rapat.. jadinya ya ambruk semua itu kerucut..
  2. kurang tenang, dan gak ada satupun arahan yang kuterima dari bokapku..
  3. kurang seimbangnya tubuhku pas lagi ada di trek itu.
lha, setelah aku menemukan masalahku, aku jadi mikir lagi: harusnya ada sesuatu yang bisa aku lakuin supaya di pengulangan ujian praktek yang kedua minimal bisa lebih baik dari yang pertama.
cara mengatasi permasalahan diatas adalah:
  1. rapatkan kakimu serapat-rapatnya.. entah apapun yang terjadi pokoknya rapatkan kakimu. ini akan lebih sulit kalo kamu pake motor non-matic, kayak aku.
  2. tenang adalah kunci berhasil dalam hal apapun.. tenangkan pikiran, rileks, dan yakinkan dirimu kalau kamu akan berhasil dan harus berhasil..
  3. lha, buat yang terakhir ini, ada tips dari bokapku tercinta:       keseimbangan dapat diperbesar jika kita memperbesar gas, dan dalam waktu yang sama mengimbanginya dengan rem belakang..
saya berusaha dan mengusahakan agar di ujian praktek mengulang SIM C yang kedua bisa segera lulus.. secuil malu dari diri saya sendiri ketika saya gagal dalam ujian praktek, padahal saya sudah intensif nyetir motor sendiri mulai kelas 9 SMP atau 3 tahun yang lalu..

semoga tips dari saya dan ayah saya bisa bermanfaat untuk kita semua..

6 komentar:

  1. kalau gagal di rintangan ketiga, apa hars mengulang dari rintangan awal lagi? mohon balasan segeranya

    BalasHapus
  2. kalo pakai motor bebek kayak jupiter z 2010 bisa gk bang?

    BalasHapus
  3. kalo pakai motor bebek kayak jupiter z 2010 bisa gk bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja kook, saya waktu tes juga pake motor jupiter..

      Hapus
  4. Kalo pake motor matic bisa ga cowo?

    BalasHapus